28 January 2021 12:46 WIB

4 Langkah Penting Saat Bahan Bakar Hendak Habis

Kehabisan bahan bakar merupakan hal yang tidak diinginkan ketika berada di tengah perjalanan. Pastinya, akan sangat merepotkan bila mobil kehabisan bahan bakar dan harus mencari cara untuk mendapatkan bahan bakar.

Mobil memang memberikan indikator bila bahan bakar sudah mau habis. Tapi sebagai pengemudi, apa yang bisa dilakukan jika indikator tersebut menyala dan bahan bakar sudah mau habis? Simak 4 langkah berikut ini.

1. Mulai Cari SPBU Terdekat

Hal pertama yang harus dilakukan tentunya adalah mencari SPBU terdekat. Untuk mencarinya, bisa menggunakan layanan peta online seperti Google Maps yang memberikan titik lokasi SPBU terdekat untuk segera melakukan pengisian.

2. Matikan AC

Mematikan AC bisa memperingan beban dari mesin sehingga mesin bisa menghemat bahan bakar. Jika tidak mau terlalu kepanasan, bisa juga dengan mematikan fitur AC pada mobil sehingga kompresor AC tidak bekerja namun kipas AC masih berjalan sehingga setidaknya masih ada hembusan angin di dalam kabin.

3. Mengemudi Hemat

Praktikanlah teori mengemudi hemat seperti mengegas secara halus dan kurangi mengerem. Dengan mengemudi secara halus, konsumsi bahan bakar pun akan semakin hemat.

4. Gunakan Eco Mode

Beberapa mobil Hyundai seperti Hyundai Tucson dan Hyundai Santa Fe memiliki pilihan drive mode, Eco adalah salah satunya. Dengan menggunakan fitur Eco Mode, mobil akan secara otomatis berupaya untuk menghemat bahan bakar agar tidak kehabisan di tengah jalan dan memaksimalkan jarak dari sisa bahan bakar yang ada.

Share