01 July 2022 09:54 WIB

4 Sumber Bunyi Kaki-Kaki Pada Mobil Lama Anda

Seiring dengan bertambahnya umur mobil, maka tentunya diperlukan perawatan lebih mengganti komponen-komponen yang telah uzur. Suatu hal yang sangat wajar. Tetapi tentunya, jika mobil dirawat dengan benar, maka perawatannya tidak akan terlalu merepotkan.

Salah satu PR utama ketika menggunakan mobil di Indonesia adalah seringnya timbul bunyi dari kaki-kaki atau suspensi, mengingat kondisi jalanan di Indonesia yang banyak kondisinya tidak terlalu baik.

Baca juga: Perawatan Mobil Hyundai Yang Perlu Dilakukan Setelah Mudik

Pada kondisi tertentu, ada bunyi seperti ‘klotak’ atau ‘srok’ pada kaki-kaki mobil, baik saat bergerak, namun kebanyakan saat melalui tanjakan maupun polisi tidur.

Penyebabnya ada beragam, PT Hyundai Mobil Indonesia bisa sebutkan beberapa untuk mempermudah diagnosa. Diantaranya:

1. Shock Breaker

Shock breaker bisa mengalami kerusakan ketika sudah uzur. Biasanya, shock mulai lemah dan kurang nyaman. Ketika sudah uzur, maka shock seringkali mengeluarkan suara gesekan seperti ‘srok’ ketika melalui polisi tidur.

2. Stabilizer Link

Stabilizer link pada mobil bisa mengalami aus dan oblak, otomatis akan menimbulkan suara seperti ‘klotak’ ketika tertekan maupun bergerak. Hal ini akan membuat mobil mungkin terasa sedikit limbung namun tidak terlalu parah.

3. Bushing

Bushing bertujuan untuk mengurangi gesekan pada komponen namun menjaganya kencang. Ketika kendor, maka akan timbul bunyi-bunyi dari kaki-kaki dan mobil tidak akan terasa rigid.

4. Komponen Kaki-kaki Lainnya

As roda, tie rod, long tie rod dan sejenisnya juga akan mengalami kemunduran fungsi. Bahkan engine mounting pun akan menyumbang suara tidak enak saat rusak. Maka pentingnya kita mengamati munculnya sumber suara, karena akan mengindikasikan kerusakan komponen.  

Tentunya jika terjadi kerusakan atau bunyi-bunyi aneh lainnya, maka hubungilah jaringan bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia. Jaringan bengkel resmi PT HMI akan berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk mobil Hyundai Anda.

Ingin hemat waktu? Booking saja melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service. Mudah banget. Jangan ragu untuk mengontak kami. 

Share