04 February 2021 11:40 WIB

5 Keuntungan Menggunakan Mesin Diesel

Mesin diesel merupakan sebuah mesin yang cukup diminati di Indonesia. Apalagi mesin diesel masa kini sudah jauh lebih halus dan bersih dibandingkan dengan mesin diesel lama sehingga jauh lebih nyaman untuk digunakan. 

Tentunya konsumen memilih diesel juga bukan hanya karena 2 alasan tersebut. Ada beberapa keuntungan lain yang ditawarkan mesin diesel.

1. Konsumsi BBM Lebih Hemat

Mesin diesel memiliki stroke mesin yang besar sehingga putaran mesinnya lebih lambat. Bahan bakar diesel juga memiliki energi yang lebih tinggi per molekul dibandingkan dengan bensin. Karena itu, mesin diesel bisa mendapatkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit dibandingkan mesin bensin dengan spesifikasi serupa.

2. Torsi Besar

Karena stroke mesin yang besar, maka diesel bisa menyemburkan torsi yang besar. Misalnya mesin diesel 2.200cc Hyundai Santa-Fe CRDi yang memiliki torsi hingga 450 Nm, tentunya sangat sedap untuk dirasakan.

3. Tenaga Pada RPM Rendah

Karena diesel tidak bermain pada putaran mesin yang tinggi, maka seluruh tenaga mesin diesel bisa dirasakan pada putaran mesin yang relatif rendah. Kelebihan ini akan sangat berguna ketika hendak menyalip karena tidak perlu mengegas dalam-dalam.

4. Perawatan

Mesin diesel tidak menggunakan busi, cek saja mobil diesel Hyundai seperti Hyundai H- dan Hyundai Santa Fe. Mesin diesel tidak memerlukan busi yang mengurangi komponen yang harus diganti. Sehingga untuk perawatan, tentunya lebih mudah dan murah. 

5. Ketersediaan Bahan Bakar

Bahan bakar untuk mesin diesel sangat tersedia, bahkan ketika berada di pelosok daerah. Tetapi, memang tidak semua daerah memiliki bahan bakar diesel yang baik. Namun, solar yang kualitasnya tidak terlalu bagus pun masih bisa digunakan di saat yang  terpaksa meskipun tidak direkomendasikan untuk mesin diesel Hyundai yang modern.

Mesin diesel pun bisa menjadi alternatif pilihan yang tepat. Kini, mesin tersebut pun bisa ditemui pada berbagai lini mobil Hyundai mulai dari Hyundai H-100, Hyundai H-1, Hyundai Tucson, Hyundai Santa Fe dan mobil terbaru Hyundai yaitu Hyundai Palisade.

 

Share