5 Pertanyaan Yang Wajib Ditanyakan Saat Ajukan Asuransi Mobil
Asuransi mobil sesungguhnya merupakan aspek penting karena memberikan perlindungan finansial terhadap risiko kecelakaan, kerusakan atau pencurian. Hyundai Lovers tidak perlu menanggung biaya perbaikan atau penggantian sendiri yang bisa menjadi beban berat.
Setiap orang sebaiknya perlu memiliki asuransi mobil karena asuransi ini tidak sebatas alat ganti rugi jika terjadi kecelakaan, tetapi juga sebagai investasi perawatan. Namun memilih perusahaan asuransi seringkali membuat pemilik kendaraan bingung memilih. Pasalnya, kini banyak asuransi yang menawarkan berbagai program menarik.
Untuk itu, galilah informasi sebanyak mungkin. Ajukan 5 pertanyaan yang wajib ditanyakan, yaitu:
1. Biaya Own Risk (Risiko Sendiri)
Asuransi umumnya menerapkan sistem pembayaran OR (Own Risk), dimana biaya risiko sendiri rata-rata sebesar Rp 300.000,-. Walaupun biaya juga banyak macamnya, seperti biaya risiko per kejadian ataupun per panel, akan tetapi pastikan di awal seperti apa sistem klaimnya. Dengan itu Hyundai Lovers bisa bersiasat menyiapkan sejumlah dana sebelum melakukan klaim untuk membayar OR. Biasanya sistem OR ini menuntut pemilik mobil harus bolak-balik ke bengkel asuransi.
2. Proses Klaim
Rumit atau simpel? Inilah pertanyaan kunci. Tanyakan soal waktu tunggu SPK (Surat Perintah Kerja). Selama menunggu, apakah mendapatkan mendapatkan mobil pengganti? Mohon diingat, sebelum bengkel mendapatkan SPK, bengkel juga belum bisa mengerjakan perbaikan mobil. Tentu Hyundai Lovers akan memilih asuransi yang menawarkan klaim cepat dan simpel.
3. Bengkel Rekanan
Bengkel rekanan terkait dengan lokasi tentu sangat memudahkan bagi Hyundai Lovers. Apakah dekat rumah, kantor atau lokasi aktivitas utama. Cek juga kredibilitasnya, seberapa bagus kualitas bengkel rekanannya. Walaupun bisa komplain ke pihak asuransi, tetap perhitungkan kerugian waktu yang terbuang. Pilih asuransi dengan titel bengkel rekanan resmi (authorized).
4. Tanggung Jawab Pihak Ketiga dan Personal Accident
Ketika mengalami kecelakaan, misalnya menabrak motor, seringkali pihak ketiga mengalami kerusakan lebih berat. Solusinya adalah memilih asuransi yang punya program dengan tanggung jawab pihak ketiga yang besar, sehingga Anda tidak terbebani biaya tambahan. Lebih bagus lagi ada program perlindungan kecelakaan diri pengemudi dan penumpang. Sangat disarankan untuk memahami dengan cermat tentang fitur “Tanggung Jawab Pihak Ketiga dan Personal Accident” ini.
5. Layanan Gratis Perlindungan 24 Jam
Musibah dapat kapan saja terjadi. Maka carilah fitur perlindungan gratis 24 jam. Call center bekerja 24 jam. Pelayanan tidak sulit dihubungi, bahkan ada yang mematikan jam layanannya. Pastikan dimana saja area perlindungannya, jangan sampai terbatas di area Jabodetabek saja. Disinyalir, banyak asuransi mobil yang memberikan rate murah meriah, tapi pelayanan perlindungannya kurang memuaskan. Maka solusinya, pilihlah asuransi mobil yang punya layanan siaga 24 jam dan mencakup wilayah yang luas.
Bagi Hyundai Lovers yang ingin mengajukan atau meneruskan perpanjangan asuransi mobil, bisa menghubungi DITA di https://hyundaimobil.co.id/hyundai-dita. DITA adalah petugas PT Hyundai Mobil Indonesia yang akan membantu menjelaskan mengenai Produk dan Promo yang Anda sekeluarga inginkan.