22 December 2022 10:16 WIB

Apa Itu Oil Shearing Dan Apakah Berbahaya?

Ketika mengurus oli mesin, Hyundai Lovers mungkin paham akan istilah tertentu, misalnya oli sintetis dan viskositas. Namun apakah Anda pernah mendengar istilah Oil Shearing?

Secara singkat, oil shearing adalah kondisi ketika oli kehilangan kekentalan (viskositas) pada suhu tinggi. Misalnya viskositas 10W-40 pada suhu tinggi yang ternyata menjadi lebih cair karena sudah mengalami shearing.

Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, biasanya karena degradasi oli pada suhu tinggi dan pemakaian panjang. Rantai polimer oli yang panjang akan pecah menjadi molekul yang lebih kecil, menyebabkan viskositas oli menurun.

Jika terjadi perubahan viskositas, maka pelumasan mesin akan menurun.

Tapi tenang saja, pada penggunaan harian, kasus oil shearing sangat jarang terjadi, apalagi bila menggunakan oli yang berkualitas dari merek terpercaya.

Selain itu, bila oli rajin diganti tepat waktu, maka sangat minim kemungkinan terjadinya oil shearing karena oli telah diganti dengan yang baru dan segar.

Baca juga: Hyundai Quick Service, Layanan Perawatan Cepat Yang Bisa Ditunggu

Dalam case ini, PT Hyundai Mobil Indonesia merekomendasikan untuk selalu mengganti oli tepat waktu agar mesin tidak mengalami kerusakan. Apalagi Anda bisa melakukan Booking Service pada http://www.hyundaimobil.co.id/booking-service untuk menghemat waktu.

Selain itu, bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia tentunya menggunakan oli kualitas terbaik untuk mobil Hyundai Anda.