16 May 2023 08:33 WIB

Apa Saja Penyebab Utama Rem Mobil Blong?

Rem blong adalah salah satu kerusakan pada mobil yang paling fatal. Banyak kasus kecelakaan terjadi karena mobil tidak bisa berhenti dan akhirnya menabrak mobil atau objek lain.

Rem blong pun bisa disebabkan karena berbagai hal. Apa saja hal yang menyebabkan rem blong? Ternyata ada beberapa:

1. Rem Terlalu Panas

Salah satu penyebab utama rem mengalami blong adalah karena rem terlalu panas alias brake fade. Ketika terlalu panas, minyak rem akan mendidih dan tidak bisa memberikan tekanan pada kaliper untuk menghentikan laju mobil. Kampas rem yang terlalu panas juga bisa menyebabkan rem tidak bekerja karena kampas tidak bisa menggigit kaliper rem.

2. Rem Bocor

Rem bekerja dengan sistem hidrolik. Bila terjadi kebocoran, maka tekanan dari minyak rem akan menurun dan menurunkan kinerja rem. Sistem rem tidak boleh bocor sama sekali karena bisa fatal.

3. Kampas Habis

Jika mobil jarang dirawat, kampas rem bisa saja habis. Hal ini akan memberikan efek kontak antar besi pada rem dimana rem menjadi sangat licin dan tidak optimal.

4. Master Rusak

Master rem adalah media utama kerja rem. Jika terjadi kerusakan pada master rem, maka tenaga hidrolis dari minyak rem tidak bisa disalurkan ke kaliper yang membuat mobil tidak bisa mengerem.

5. Minyak Rem

Minyak rem yang sudah tidak baik, misalnya terlalu tua, akan lebih mudah panas dan memiliki daya hidrolis yang lebih rendah. PT Hyundai Mobil Indonesia merekomendasikan untuk selalu melakukan pengecekan kondisi minyak rem setiap melakukan ganti oli atau servis rutin. Biasanya hal ini akan dilakukan pada bengkel resmi, namun mintalah untuk dicek agar semakin yakin.

Baca juga: Mengapa Hyundai Stargazer Bisa Menikung Lebih Cepat Dan Stabil?

5 hal tersebutlah yang menjadi penyebab utama rem mobil blong. Tentunya, jaringan bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia siap mengecek dan memperbaiki sistem pengereman dari mobil agar tidak mengalami kendala.

Apalagi, PT Hyundai Mobil Indonesia memiliki sistem Booking Service agar lebih mudah menjadwalkan service mobil Hyundai Anda.

Lakukan Booking Service melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.