01 July 2021 14:24 WIB

Apakah AC Perlu Dimatikan di Jalan Menanjak?

Jalanan menanjak seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang. Apalagi jika jalanan tersebut sangatlah terjal sampai yang terlihat adalah langit.

Biasanya, pada situasi ini, orang seringkali mematikan AC. Tujuannya? Adalah untuk memaksimalkan tenaga mesin agar bisa melalui jalanan tersebut dengan mudah dan mencegah mobil mundur ke belakang karena kurang tenaga.

Hal ini memang ada benarnya. Karena, sistem AC bekerja dengan kompresor yang diputar oleh mesin. Ketika kompresor alias AC aktif, maka kompresor bisa menjadi beban bagi mesin karena harus diputar.

Karena itu, memang benar bila ingin tenaga tambahan, mematikan AC bisa menjadi solusinya. Tapi, hal ini hanya berlaku untuk mesin kecil.

Karena pada mesin dengan tenaga yang kecil, beban AC secara persentase menjadi besar. Misalnya bisa merampas hingga 10% tenaga. Pada mesin besar, tenaga yang dihasilkan cukup besar sehingga untuk memutar kompresor AC, hanya perlu angka yang kecil, misalnya 3% dimana angka tersebut tidaklah signifikan.

Sehingga, apakah Hyundai Lovers perlu mematikan AC ketika berada di jalanan menanjak? Jawabannya, tidak sepenuhnya perlu. Karena, jika menggunakan mobil Hyundai masa kini seperti Hyundai H-1, tenaga mesin yang mumpuni akan sangat cukup untuk jalanan menanjak dengan menggunakan AC.

Sehingga, mematikan AC untuk tenaga tambahan hanyalah untuk kondisi yang sangat buruk atau pilihan terakhir.

 

Share