07 April 2023 11:10 WIB

Apakah Boleh Ganti Oli Hyundai Lebih Cepat Dari Interval?

Oli mesin adalah komponen yang wajib diganti setiap interval tertentu. Pada mobil Hyundai, misalnya Hyundai Creta maupun Hyundai Stargazer, interval tersebut adalah 15.000 Km. Angka ini sendiri didapatkan dari hasil pengujian mobil pada tahap pengembangan.

Lantas, apakah boleh mengganti oli dengan interval yang lebih cepat? Misalnya 10.000 Km atau bahkan 5.000 Km. Jawabannya tentu saja boleh! Bahkan direkomendasikan pada beberapa kondisi:

Pertama, jika pemilik memilih untuk menggunakan jenis oli lain, misalnya non sintetis, maka wajib mengganti oli dengan interval yang lebih pendek karena oli non sintetis memiliki daya tahan yang lebih rendah.

Kemudian, jika mobil sering digunakan melalui medan berat, misalnya menanjak, bertahan di putaran tinggi, oli bisa saja menjadi panas dan mengalami degradasi. Sebaiknya diganti dengan lebih cepat.

Baca juga: Kapan Sebaiknya Ganti Oli Transmisi IVT Hyundai?

Secara pasti, ada baiknya untuk sesekali mengecek kondisi oli melalui dipstick. Jika sudah mulai menghitam, maka ada baiknya melakukan penggantian oli.

Pada jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia, melakukan servis kini semakin mudah berkat adanya Booking Service. Jadwalkanlah servis Anda melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service agar mendapatkan jadwal yang pasti.