01 December 2023 13:59 WIB

Bolehkah Mengaplikasikan Lampu Tambahan Pada Mobil?

Kini tren modifikasi pada mobil sedang mengarah kepada keseimbangan antara gaya dan fungsionalitas, salah satu yang sedang ramai adalah penambahan lampu pada mobil, biasanya berupa lampu tembak model kecil yang sering dijuluki ‘mini projie’.

Nama tersebut didapat karena jenis lampu yang digunakan adalah model proyektor dengan ukuran kecil, jenisnya pun bermacam-macam.

Ada beberapa alasan lampu jenis ini digunakan, biasanya untuk pengendara yang merasa lampunya kurang terang namun tidak ingin melakukan perubahan pada lampu utama dari mobil.

Namun jika Hyundai Lovers ingin memasang lampu tambahan ini, apakah boleh?

Secara hukum, hal ini diperbolehkan karena tidak dilarang. Namun yang harus diperhatikan adalah pengerjaan serta arah tembak cahaya.

Baca juga: Penerangan Maksimal Dengan Lampu Dual Projector Hyundai Ioniq 6

Lampu tembak tambahan seringkali memiliki daya yang kuat dan terang. Karena itu pemasangannya harus tepat dengan relay tambahan untuk mencegah korsleting.

Selain itu selesai dipasang, lampu harus disetel agar arah tembaknya akurat dan tidak menyilaukan pengendara lain.

Dengan kata lain, Hyundai Lovers tentu boleh saja memasang lampu tambahan pada mobil Hyundai kesayangan Anda, namun perhatikanlah beberapa hal tersebut. Selain itu, perhatikan juga dengan garansi. Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dealer PT Hyundai Mobil Indonesia terdekat sebelum melakukan modifikasi agar tidak menggugurkan garansi.