26 April 2023 09:52 WIB

Driver Attention Warning Bantu Ingatkan Pengemudi Untuk Istirahat

Mengemudi memanglah hal yang melelahkan, terutama untuk perjalanan jauh dan lama seperti saat mudik lebaran 2023. Mengemudi dalam kondisi lelah sendiri tentunya berbahaya dan seperti tidak perlu penjelasan yang panjang mengapa.

Pada mobil beberapa tipe mobil Hyundai terkini, misalnya Hyundai Stargazer Prime sampai Hyundai Staria, terdapat sebuah fitur yang dapat membantu, yaitu Driver Attention Warning.

Driver Attention Warning akan mengingatkan pengemudi bila terdeteksi sudah mulai lelah dan sulit fokus. Ada beberapa cara untuk mendeteksinya, utamanya dari berbagai sensor Hyundai SmartSense.

Contohnya, sistem SmartSense seringkali harus membantu pengemudi agar tidak keluar jalur berkali-kali, maka sistem dapat memperkirakan bahwa pengemudi sudah mulai lelah dan tidak fokus.

Jika pengemudi sudah mulai tidak fokus, maka mobil akan melontarkan lampu peringatan DAW yang bertuliskan “Consider Taking A Break”  untuk mengingatkan pengemudi untuk beristirahat. Selain itu, ada sebuah stopwatch yang menunjukkan kapan terakhir kali pengemudi beristirahat.

Baca juga: Satu Tangki Hyundai Stargazer Bisa Berjalan Seberapa Jauh?

Jika peringatan tersebut sudah menyala, tidak ada salahnya untuk menepi sejenak dan beristirahat. Alternatifnya, bisa bergantian dengan penumpang yang bisa mengemudi untuk beberapa jam ke depan.