16 September 2023 09:30 WIB

Efek Engine Braking Pada Hyundai Ioniq 5

Hyundai Ioniq 5 tentu adalah tonggak baru dalam dunia mobil elektrik di Indonesia. Hyundai Ioniq 5 hadir dengan performa tinggi, teknologi, serta harga yang “worth it”, apalagi dengan subsidi PPN 10%.

Sebagai mobil elektrik, Hyundai Ioniq 5 tentu memiliki satu ciri khas, yakni tingkat engine braking yang bisa dipilih. Namun apa efek dari engine braking ini?

Perlu diingat bahwa istilah engine brake pada mobil elektrik berbeda, karena mereka menggunakan apa yang dinamakan Regenerative Braking atau Regen Braking. 

Ketika pedal gas dilepas, maka gerakan dari roda akan dipakai untuk mengisi daya baterai. Motor elektrik berubah peran menjadi dinamo listrik.

Pada Hyundai Ioniq 5, terdapat 3 level. Semakin kuat levelnya, maka deselerasi dari Regenerative Braking akan semakin terasa, namun pengisian daya baterai juga semakin kuat.

Baca juga: Buka Laptop Di Hyundai Ioniq 6 Gunakan Fitur V2L

Level 3 adalah level yang tepat untuk kebutuhan luar kota, terutama pada jalanan menurun, misalnya di area Lembang, Bandung. Dengan Regenerative Braking level 3, maka kampas rem bisa dihemat, serta baterai juga terisi, membuat perjalanan menurun jauh lebih hemat.

Anda pun bisa merasakan sensasi berkendara dari Hyundai Ioniq 5. Lakukan Test Drive di jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia melalui https://hyundaimobil.co.id/test-drive.