15 July 2023 09:50 WIB

Electronic Brake Distribution Cegah Ban Belakang Terkunci

Daya pengereman pada mobil belum tentu maksimal bahkan ketika pedal rem diinjak penuh. Bagaimana bisa? Karena pembagian bobot mobil tidak selamanya sama.

Ketika mobil cenderung kosong, maka rem belakang tidak bisa bekerja secara penuh. Karena minimnya beban belakang membuat daya cengkeram roda belakang tidak maksimal. Jika rem dibuat dengan pembagian 50:50, maka rem belakang mungkin bisa mengunci dan membuat mobil tidak stabil.

Dengan Electronic Brake Distribution (EBD) yang ada pada mobil Hyundai terkini, hal tersebut bisa diatasi. Jika sensor mendeteksi beban belakang lebih sedikit, maka daya pengereman akan dimaksimalkan pada roda depan, mencegah ban belakang terkunci dan slip.

Baca juga: Takut Mobil Mundur? Auto Hold Hyundai Santa Fe Jawabannya!

Jika beban belakang lebih terisi, misalnya Hyundai Stargazer terisi penumpang, maka kekuatan rem akan dikirimkan lebih dari biasanya karena adanya daya cengkeram tambahan dari roda.Fitur ini memang terbilang “kecil”. Namun memiliki peranan dan dampak yang besar.

Namunjangan lupa, harap kenali juga fitur lainnya pada mobil-mobil PT Hyundai Mobil Indonesia pada https://hyundaimobil.co.id/vehicles. Fitur-fitur modern banyak sekali dimiliki oleh line up Hyundai. Check it out!