15 May 2021 06:06 WIB

Filter AC Kabin Tentukan Kondisi Udara Kabin

Banyak fungsi di mobil yang memiliki filter dengan tujuan untuk melindungi. Misalnya filter udara mesin dan bahan bakar yang bertujuan untuk melindungi mesin.

Lalu ada juga filter udara kabin, yang meiliki fungsi melindungi penumpang dari udara yang kotor.

Seperti kita tahu, udara di kota besar seperti Jakarta sebenarnya kurang baik. Terdapat banyak partikel halus yang bisa jadi berbahaya bagi Hyundai Lovers.

Udara ini pun bisa masuk ke dalam kabin, bahkan ketika mode resirkulasi digunakan. Misalnya karena jendela yang terbuka, pintu, atau kondisi kabin yang kotor.

Udara resirkulasi selalu melewati filter udara. Untuk itu, ketika kabin kotor maka filter udara akan semakin cepat kotor juga. Demikian bila sering melewati area yang udaranya kotor, semakin cepat filter udara akan kotor.

Bila filter udara sudah kotor, maka akan mengurangi performa AC. Hal ini karena udara AC menjadi mampet dan tersumbat karena kotoran. Otomatis AC bisa menjadi lebih panas dan kurang adem.

Kemudian pada akhirnya, filter kotor ini juga akan mempengaruhi kualitas udara dalam kabin. Sangat disarankan untuk mengecek filter AC atau kabin secara berkala. Jika kotor, sebaiknya melakukan penggantian dengan filter AC asli dari Hyundai tentunya.

 

Share