16 March 2024 08:00 WIB

Ganti Oli Mesin Sebaiknya Sebelum Atau Sesudah Perjalanan Jauh?

Perjalanan jauh bisa terjadi kapanpun, misalnya saat long weekend atau karena mengambil cuti untuk liburan. Mobil pun seringkali digunakan sebagai moda transportasi perjalanan jauh, apalagi bila pergi bersama orang terdekat.

Namun ketika hendak melakukan perjalanan jauh, seringkali ada pertanyaan yang muncul seperti, “Kapan oli mesin sebaiknya diganti?” atau “Apakah sebelum jalan atau saat sudah pulang?”

Baca juga: Ganti Oli Lebih Cepat, Apakah Boleh?

PT Hyundai Mobil Indonesia akan menjawab pertanyaan ini. Bocoran sedikit, jawabannya tergantung ke kondisi mobil masing-masing.

Sebelum mengambil keputusan, hal pertama yang harus dicek adalah kondisi oli terkini. Apakah baru saja diganti? Atau sudah lama tidak diganti? Cek dari jadwal interval terakhir.

Setelah mengecek, pastikan masih cukup jauh dari interval servis berikutnya. Misalnya servis berikutnya pada kilometer 30.000 sementara mobil baru berada pada kilometer 22.000. Jika jaraknya masih cukup jauh, oli pada mesin masih relatif aman untuk perjalanan jauh.

Namun berbeda cerita jika kilometer mobil sudah mendekati intervalnya, misalnya sudah mencapai kilometer 29.500. Karena jarak yang sudah dekat, ada baiknya mobil sekalian diservis terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan.

Opsi lainnya adalah dengan melakukan servis di kota yang Anda sambangi, misalnya servis sebelum pulang terlebih dahulu.

PT Hyundai Mobil Indonesia pun memiliki beberapa jaringan dealer yang tersebar di beberapa kota Indonesia. Anda bisa mengecek jaringan dealer PT Hyundai Mobil Indonesia melalui https://hyundaimobil.co.id/network-contact.

Mau melakukan Booking Service untuk mobil Hyundai kesayangan Anda? Bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia siap melayani Anda. Lakukanlah Booking Service via https://hyundaimobil.co.id/booking-service.