08 January 2021 12:20 WIB

Hyundai Ioniq Electric Memiliki Fitur Pengaturan Batas Pengecasan

Melakukan pengecasan pada mobil listrik memanglah mudah, hanya dengan mencolok, maka mobil akan mulai melakukan pengisian daya. Tetapi, bagaimana jika ingin berhemat daya listrik rumah dan tidak ingin mengisi daya hingga 100% karena tidak digunakan sepenuhnya?

Tentunya akan repot bila harus mendatangi mobil di garasi untuk mengecek jumlah daya yang terisi dan mencabut pasokan listrik saat sudah mencapai angka tertentu, misal 80%.

Untuk itu, Hyundai Ioniq Electric memiliki pengaturan pengecasan dalam kabinnya agar bisa diatur dalam mengisi dayanya, terutama membatasi pengisian dayanya.

Hal ini sengaja diberikan agar pemilik bisa bebas menentukan daya yang diinginkan selama pengecasan. Misalnya, karena mobil hanya dipakai dalam kota dan tidak ingin mengisi terlalu banyak, maka dibatasi pengisian hingga 80% saja.

Mengapa pemilik tidak mengisi hingga 100%? Ini mungkin karena beberapa faktor preferensi pemilik yang misalnya tidak mau mengisi hingga penuh karena ingin mengirit daya listrik rumah.

Untuk mengatur batasnya, sangatlah mudah. Tinggal gunakan layar besar yang berada di tengah dashboard Ioniq dan buka menu pengisian daya. Disana ada pilihan charge management dimana pemilik bisa membatasi daya isi baik pengisian AC maupun DC.

Setelah diatur, maka mobil akan secara otomatis berhenti melakukan pengecasan saat baterai sudah terisi hingga titik yang diinginkan. Tentunya sangat mudah bukan mengatur pengisian baterai Hyundai Ioniq Electric?

Share