28 October 2019 03:00 WIB

Hyundai Perkenalkan Mobil Listrik Konsep 45 EV

Hyundai Motor Company baru saja memperkenalkan mobil listrik konsepnya di Frankfurt Motor Show 2019, yaitu Hyundai 45 EV. Mobil konsep listrik ini menjadi upaya Hyundai untuk memperkuat jajaran kendaraannya di segmen ramah lingkungan.

Kehadiran Hyundai 45 EV tak terlepas dari upaya pabrikan asal Korea Selatan tersebut dalam mendukung pengurangan emisi, sekaligus menyambut era baru kendaraan. Menariknya, nama Hyundai 45 EV diambil dari sebuah mobil konsep yang terlahir 45 tahun lalu, yakni Hyundai Pony Coupe. Hanya saja, hatchback ini dibuat lebih modern dan cenderung futuristis.

Mobil listrik konsep 45 EV ini mengadopsi desain terbaru dari generasi "Sporty Sensuous" yang didefinisikan oleh empat elemen dasar yakni proporsi, arsitektur, gaya dan juga teknologi terkini.

Sasis 45 EV menggunakan monokok dengan body yang terinspirasi dari desain pesawat. Walaupun desain 45 EV sederhana dan retro, Hyundai menyematkan ciri khas desain modern seperti gril bentuk kisi-kisi khas Hyundai modern dan kinetic cube lamp yaitu lampu yang terdiri dari LED berbentuk kotak kecil di depan dan belakang.

Dari samping 45 EV terlihat seperti coupe walaupun mobil ini memiliki 4 pintu model suicide door, pada bagian bawah pintu terdapat indikator LED yang menunjukan isi baterai dan 45 EV tidak menggunakan spion melainkan Camera Monitoring System yaitu kamera kecil yang menyatu secara rapi dengan desain. Sisi belakangnya tak kalah menarik. Terpasang juga strip kinetic cube LED taillighit yang dipadu bumper dengan kemiringan 45 derajat, serta emblem 45 di bawahnya.

Masuk ke interior, aura masa depan terpancar kuat dari kabin Hyundai 45 EV. Desain interior dibuat minimalis dengan kombinasi bahan kayu, kain dan kulit untuk menciptakan atmosfir yang luas dan menenangkan. Mobil listrik ini memiliki jok depan triangular yang minimalis dan dapat diputar. Selain itu, bagian belakangnya dihuni jok panjang yang juga terkesan sederhana, namun tetap futuristis. Menariknya lagi, tak ada pilar B yang membuat akses masuknya menjadi lebih mudah.

Bagian dashboard pun tampak modern dengan layar yang memanjang, mulai dari balik kemudi sampai ke tengah. Sisanya, hanya diisi panel kayu dan ruang penyimpanan. Secara dimensi 45 EV memiliki interior yang luas dan lega berkat desain mobil listrik dimana sistem penggerak ditempatkan diluar atau di bawah kabin. Terakhir terdapat tempat penyimpanan di doortrim yang terbuat dari material transparan yang mampu menyimpan buku dan tablet PC. 

Tenaganya datang dari motor listrik, di mana baterainya diposisikan dengan maksimal di bawah kompartemen penumpang belakang. Mobil listrik ini nantinya dibekali dengan fitur canggih dan sistem berkendara otomatis.