27 February 2024 08:00 WIB

Ketahui 3 Perbedaan Pola Tapak Ban Mobil

Hyundai Lovers yang sudah menggunakan mobil untuk beberapa lama mungkin pernah pergi mengganti ban. Ketika mengganti ban pun, seringkali dihadapkan dengan beberapa pilihan ban yang berbeda.

Salah satu perbedaan utama dari ban adalah pola tapak ban, dimana secara umum terbagi menjadi 3, yakni simetris, asimetris, dan direksional.

Baca juga: Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Mengganti Ban Mobil?

Manakah pola tapak ban yang cocok untuk Anda? PT Hyundai Mobil Indonesia akan jelaskan:

1. Simetris

Pola tapak ini merupakan pola tapak yang paling umum ditemukan dan dipasang pada sebagian besar mobil di jalan saat ini. Pola tapak ban yang simetris artinya ban tersebut memiliki pola tapak yang sama pada bagian luar ban dan juga pada bagian dalam. Ban ini cocok untuk kebutuhan yang lebih ekonomis serta ban ini bisa dirotasi pada sisi manapun.

2. Asimetris

Pola tapak ini memiliki dua jenis pola pada sisi dalam dan sisi luar ban. Biasanya ban memiliki lekukan yang lebih sedikit dan bentuk balok yang besar pada bagian luar ban, untuk meningkatkan kemampuan menikung dan cengkraman di jalan kering. Sedangkan bagian dalam ban memiliki lekukan yang lebih banyak dan bentuk balok yang lebih kecil, untuk membantu dispersi air sehingga memiliki cengkraman yang lebih baik di jalan basah. Pola tapak jenis ini cukup umum terlihat pada SUV dan crossover seperti Hyundai Santa Fe.

3. Direksional

Pola tapak jenis ini didesain berputar ke satu arah sehingga memiliki pola seperti panah pada ban. Mirip dengan ban asimetris, ban ini memiliki tanda untuk menunjukkan arah tapaknya. Performanya bagus di jalanan basah karena polanya, serta cukup stabil saat digunakan dengan kecepatan tinggi. Berbeda dengan ban lainnya, ban dengan tapak ini hanya dapat dipasang pada satu sisi mobil. Pola tapak jenis ini biasanya terlihat pada mobil sport.

Itulah karakteristik dari 3 pola tapak ban yang berbeda. Jika bingung, tentu Service Advisor dari PT Hyundai Mobil Indonesia siap membantu kendala Anda.

Cek jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia melalui https://hyundaimobil.co.id/network-contact.