06 May 2021 23:39 WIB

Lampu Depan Diatur Menyesuaikan Beban Kendaraan

Pernahkah Hyundai Lovers ketika mengemudi di malam hari, mendadak terbutakan oleh silaunya lampu mobil dari arah sebelah? Lantas, mengapa lampu tersebut bisa begitu menyilaukan sampai susah melihat?

Faktor yang membuat sebuah lampu menjadi silau bagi pengendara lain seringkali bukan disebabkan oleh intensitas lampu tersebut, tetap seringkali karena sudut lampu yang tinggi.

Untuk itu, sebenarnya ketika menggunakan high-beam, kita bukan membuat lampu semakin terang, namun mengarahkan lampu lebih tinggi agar jarak sorotnya lebih jauh.

Karena itu mobil biasanya selalu diukur secara pas sudut lampunya agar tidak menyilaukan. Namun seringkali, saat mobil diisi beban, misalnya saat bagasi terisi penuh, bagian depan mobil akan mendongak.

Ketika mendongak, arah lampu pun akan mengarah ke atas dan membuat pengendara lain silau. Tentunya hal ini bisa berbahaya dan mengganggu.

Agar tidak mengganggu pengguna jalan lainnya, Hyundai memiliki fitur adjustable headlamp pada beberapa mobilnya.

Ketika mobil diisi penuh misalnya, dengan mengatur ketinggian, maka lampu akan berubah ketinggiannya agar tidak menyilaukan.

Pengoperasiannya sangatlah mudah, ketika mobil diisi dengan beban yang banyak di belakang, maka tinggal memutar tuas ini. Ketika mobil dalam keadaan datar, maka taruhlah tuas ini di posisi “0” yang menjadi posisi awal.

 

Share