30 June 2021 15:01 WIB

Lane Keep Assist: Fitur Canggih Hyundai

Mengemudi di jalan tol bisa saja sedikit melelahkan. Karena, jalanan yang kosong dan seringkali lurus bisa jadi membosankan bagi pengemudi, namun harus tetap fokus ke depan dan menjaga jarak dengan kendaraan depan, serta menjaga mobil agar tidak keluar jalur.

Namun kini, untuk urusan menjaga jalur, ada satu fitur yang bisa membantu hal tersebut pada Hyundai Santa Fe varian Signature.

Hyundai Lane Keep Assist membantu tetap berada di jalur  dan mulai berbelok. Sistem cerdas ini menggunakan sensor berteknologi tinggi di kaca depan untuk memindai jalan di depan, terus memantau penanda jalur di kiri dan kanan kendaraan.

Saat diaktifkan, fitur lainnya yaitu Lane Departure Warning (Peringatan Keberangkatan Jalur) akan berbunyi setiap kali kendaraan keluar dari jalurnya. Selain itu, kendaraan mungkin memberikan sedikit tekanan pada roda kemudi, mengoreksi jalur sebelum menyimpang lebih jauh. 

Sistem dinonaktifkan ketika sinyal belok diaktifkan, untuk memastikan tidak ada peringatan atau peringatan yang tidak perlu. Sistem Hyundai Lane Keep Assist dirancang untuk menjaga pengemudi lebih aman saat berada di belakang kemudi, terutama pada kecepatan jalan bebas hambatan.

Sehingga ketika fitur ini dinyalakan, pengemudi tidak perlu terlalu lelah memperhatikan garis penanda lajur dan membuat mengemudi di tol atau jalan besar semakin rileks.

Kemudian…, bagaimana cara mengaktifkan Hyundai Lane Keep Assist?

Masuk ke dalam Hyundai dan nyalakan kunci kontak.

Di sisi kiri dasbor, tekan tombol Lake Keep Assist. Sebagai referensi, akan terlihat seperti siluet mobil dengan panah di sekelilingnya.

Konfirmasikan bahwa ikon Lane Keep Assist telah muncul di tampilan instrumen.

Pada kecepatan di atas 65 kpj dan di bawah 170 kpj, ikon Lane Keep Assist akan menyala hijau saat beroperasi dengan aman di dalam jalur, yang menunjukkan bahwa sistem sedang aktif.