27 December 2022 08:08 WIB

Mengapa Beberapa Mobil Hyundai Gunakan Transmisi 8 Percepatan?

Hyundai Lovers mungkin sudah mengetahui bahwa beberapa mobil yang dipasarkan PT Hyundai Mobil Indonesia, terutama yang menggunakan mesin diesel seperti Hyundai Santa Fe, Hyundai Palisade, serta Hyundai Staria menggunakan transmisi otomatis dengan 8 percepatan.

Lantas, mengapa transmisi yang digunakan memiliki jumlah gigi yang semakin banyak? Tentunya, ada alasannya.

1. Kehalusan

Transmisi 8 percepatan menawarkan performa yang halus dalam melakukan penggantian gigi. Anda mungkin tidak akan merasakan penggantian gigi pada mobil Hyundai dengan transmisi 8 percepatan terbaru.

2. Efisiensi

Mesin memiliki putaran kerja optimal pada rentang RPM tertentu. Sehingga, gearing atau rasio gigi harus selalu menjaga mesin pada putaran optimal dan efisien. Semakin banyak gigi, maka akan semakin mudah untuk berada di RPM tersebut.

Baca juga: 3 Dampak Bila Mesin Menggunakan BBM Oktan Rendah

3. Rendah Suara

Dengan gigi yang banyak, maka mesin bisa beroperasi dengan RPM yang lebih rendah pada kecepatan sedang dan tinggi, misalnya di tol. Alhasil, mesin akan menghasilkan suara yang lebih sedikit dan meningkatkan kenyamanan penumpangnya.

Transmisi ini bisa Anda rasakan pada model mesin diesel Hyundai, utamanya Hyundai Santa Fe dengan tenaga 199 Hp dan torsi 441 Nm. Ingin merasakannya? Yuk lakukan Test Drive bersama PT Hyundai Mobil Indonesia. Anda dapat melakukan Booking Test Drive melalui http://www.hyundaimobil.co.id/test-drive.