08 July 2023 08:42 WIB

Mengapa Kapasitas Mesin Tidak Pada Angka Bulat?

Ketika Hyundai Lovers membaca review atau membaca brosur dari spesifikasi mobil Hyundai, misalnya Hyundai Creta atau Hyundai Stargazer, Hyundai Lovers mungkin penasaran mengapa kapasitas mesin dari mobil Hyundai tidak pada angka bulat. Misalnya mesin 1.5L kedua jagoan Hyundai tersebut sebenarnya 1.497 cc, atau pada Hyundai Santa Fe dimana kapasitas mesin diesel 2.2L-nya yang bertenaga ternyata berkapasitas 2.199 cc.

Mengapa angka tersebut tidak bulat? Ternyata ada beberapa alasannya:

1. Regulasi

Pada kebanyakan negara di dunia termasuk Indonesia, pajak mobil seringkali ditentukan oleh CC mesin. Jika suatu mesin melebihi batas tertentu, misalnya 1.502 cc maka mobil bisa dikenakan pajak yang lebih mahal dibandingkan mobil berkapasitas 1.497 cc. Karena itu diambil keputusan untuk mengurangi sedikit dibandingkan kelebihan untuk mencegah pajak yang lebih mahal.

2. Pemuaian

Suhu tentu akan menyebabkan pemuaian pada beberapa komponen mobil. Ketika memuai, cc mesin bisa saja menjadi sedikit lebih besar dan mendekati angka bulat tersebut. Namun pemuaian ini tentunya sangat minor.

3. Pemakaian Komponen

Komponen pada internal mesin bisa saja mempengaruhi ukuran kubikel mesin. Pembuatan komponen dengan toleransi tertentu juga dapat merubah perhitungan kubikel menjadi sedikit lebih kecil dan tidak bulat.

Baca juga: Bisakah Bahan Bakar Pada Tangki Menjadi Basi?

Itulah beberapa alasan mengapa kubikel dari sebuah mesin belum tentu pada angka bulat. Namun perbedaannya sangatlah kecil dimana tidak berdampak signifikan pada tenaga mesin.

Tapi Hyundai Lovers tentunya masih penasaran dong dengan performa mobil Hyundai terbaru? Tenang saja, karena Hyundai Lovers dapat melakukan Test Drive pada jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia.

Lakukan Booking Test Drive melalui https://hyundaimobil.co.id/test-drive.