17 January 2024 12:28 WIB

Mengapa Mencuci Mobil Sebaiknya Menggunakan Lap Microfiber?

Mencuci mobil seringkali menunjukkan kepedulian seseorang kepada mobilnya secara sederhana. Ketika mencuci mobil pun, kita seringkali dihadapkan dengan berbagai metode dan berbagai alat untuk mencuci mobil.

Salah satu yang paling umum adalah penggunaan lap microfiber yang dinilai lebih baik dibandingkan dengan penggunaan kanebo atau spons. Padahal pada prakteknya, terutama saat mengeringkan mobil, kanebo seringkali lebih cepat menyerap air.

Lantas mengapa tempat cuci mobil tertentu memilih menggunakan lap microfiber? PT Hyundai Mobil Indonesia beberkan sedikit alasan dan kelebihannya.

Alasan utamanya adalah lap microfiber berbeda dengan kanebo. Lap ini akan menangkap debu dan partikel kasar ke dalam serat-seratnya sehingga akan mengurangi baret halus pada cat mobil. 

Baca juga: 5 Cara Merawat Cat Matte Hyundai Tetap Optimal

Pada lap kanebo, partikel tersebut akan berada di permukaan dari lap. Sehingga ketika bersentuhan dengan cat mobil, partikel tersebut bisa menyebabkan baret halus.

Hal serupa juga sama dengan spons. Meskipun lebih tebal, spons juga tidak bisa memerangkap partikel dan kotoran sehingga dapat menyebabkan baret halus.

Karena itulah lap microfiber seringkali disarankan dalam mencuci mobil. Namun perlu diingat usahakan permukaan dan lap juga bersih. Jika lap microfiber sempat jatuh atau bersentuhan dengan tanah, sebaiknya dicuci karena kotoran yang menumpuk pada tanah sangatlah banyak.

Dengan menggunakan lap microfiber, Hyundai Lovers dapat merawat mobil Hyundai kesayangan Anda dengan lebih baik dan menjaga kondisi catnya untuk meminimalisir baret halus.