30 June 2023 08:54 WIB

Mobil Susah Start? Tidak Hanya Soal Aki Soak

Ketika mobil susah distarter, hal yang biasa langsung dicurigai adalah aki yang soak. Hal ini memang tidak salah karena ketika starter, perlu tenaga besar dari aki.

Namun bukan berarti aki adalah satu-satunya alasan mobil susah distarter. Ada beberapa alasan lain seperti:

1. Kabel

Jika ada kabel yang kendor, maka bisa membuat mobil susah start, misalnya kabel grounding, koneksi kepala aki, kabel sensor, dan lainnya. Namun, jika keadaan kelistrikan mobil masih standar dan tidak terkena tikus, kabel jarang mengalami kerusakan.

2. Motor Starter

Motor starter yang lemah akan membuat mesin susah untuk diputar, hal ini akan membuat mobil susah distart karena kurangnya momentum untuk perputaran mesin.

3. Coil

Untuk mesin bensin, coil yang lemah bisa membuat mobil susah start karena susahnya pengapian. Selain coil, busi juga bisa dicurigai.

4. Fuel Pump

Fuel pump yang lemah mungkin akan mempengaruhi start mobil karena kurangnya suplai bahan bakar. Bisa jadi mobil harus dicoba start berkali-kali sampai tekanan bahan bakar pada sistem cukup. Kemudian, mobil juga mengalami penurunan tenaga.

Baca juga: Mesin Diesel Terasa Boyo? 6 Komponen Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

Jika mengalami masalah start pada mobil, maka segera hubungi bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia. Mekanik akan melakukan pengecekan dan perbaikan, atau penggantian suku cadang bila diperlukan.

Lakukan Booking Service sekarang melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.