10 February 2022 10:15 WIB

OBD Port: Percepat Diagnosa Mesin Dan Komputer Mobil Hyundai

Apa Hyundai Lovers pernah ‘mengoprek’ mobil kesayangan? Di dalam kabin misalnya, pernahkah membuka atau mengecek area tertentu di bagian bawah dashboard? 

Jika pernah mengecek bagian tersebut, mungkin pernah menemui sebuah colokan berbentuk persegi panjang dengan banyak konektor. 

Lantas, apa sebenarnya colokan tersebut?

Colokan tersebut adalah port OBD alias On-Board Diagnostic. Sistem OBD sendiri sudah menggunakan standar OBD2 untuk semua mobil di area Eropa sejak tahun 2001, dan 1996 untuk Amerika Serikat.

Baca juga: Diesel Common Rail Hyundai Punya Pembakaran Sempurna

Tujuan dari OBD adalah untuk melakukan diagnosa pada mesin dan sistem komputer mobil. Karena ingat, mobil yang canggih seperti mobil Hyundai yang dijual oleh PT Hyundai Mobil Indonesia memiliki sistem komputer yang canggih dan kompleks.

Dengan sistem ini, maka mekanik dapat melakukan diagnosa dengan lebih cepat dengan alat OBD Scanner ketika ada masalah dengan mesin, daripada harus mengecek satu per satu komponen yang ada.

OBD scanner pun menjadi sebuah alat yang membantu yang tentunya ada di jaringan bengkel resmi Hyundai. Sehingga, perbaikan maupun servis dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat.