31 October 2022 11:44 WIB

Pentingnya Katalis (Catalytic Converter) Pada Mobil Hyundai

Hyundai Lovers mungkin paham akan beberapa bagian dari knalpot, misalnya muffler, downpipe, resonator, dan katalis. Semuanya pun memiliki perannya masing-masing untuk membuat mesin mobil Hyundai optimal.

Salah satu yang terpenting adalah katalis atau Catalytic Converter. PT Hyundai Mobil Indonesia akan beberkan sedikit mengapa katalis ini memiliki peran yang sangat penting.

Katalis berfungsi sebagai katalisator gas buang dari mesin. Karena seperti yang kita tahu, proses pembakaran mesin menghasilkan beberapa gas buang, salah satunya adalah gas CO atau karbon monoksida yang memiliki sifat merusak lingkungan.

Katalis terbuat dari serangkaian logam berharga dan berbentuk seperti sarang lebah. Salah satu logam yang berperan paling penting adalah platinum yang juga berharga. Pada katalis ini, terutama ketika panas, ada reaksi kimia yang menangkap gas CO untuk mengurangi emisi mobil secara signifikan.

Dengan katalis, maka emisi dari mobil akan turun drastis. Hal ini tentunya penting bagi lingkungan agar tidak semakin tercemar. Jika dilepas, maka emisi dari mobil Hyundai Anda akan jauh lebih kotor dan mungkin tidak lolos uji emisi.

Baca juga: Awas, Ada Bahaya Yang Mengintai Dari Knalpot Bocor

Sehingga, PT Hyundai Mobil Indonesia menyarankan untuk tetap memasang katalis pada knalpot Anda. selain itu, sistem knalpot dari mobil Hyundai sudah dirancang untuk performa optimal tanpa menimbulkan suara bising.