05 August 2021 08:02 WIB

Perpanjang Usia Ban Dengan Cara Mudah

Hyundai Lovers, tidak bisa dipungkiri, ban mobil adalah suatu komponen yang cukup mahal ketika harus diganti baru. Tetapi, kita tidak boleh main-main dengan ban karena sangat menyangkut dengan keselamatan kita. Jika kondisi ban memang sudah tidak layak dan sudah menipis, maka segera ganti agar tetap aman.

Tentunya karena faktor tersebut, pastinya ingin dong menghemat ban agar bisa menempuh jarak lebih jauh saat digunakan? Karena, ada beberapa cara sederhana untuk memperpanjang umur ban.

1. Tekanan Ban

Ketika tekanan ban kurang dari standar, misalnya dibawah 30 psi, maka ban akan mengalami friksi lebih yang tidak hanya membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih buruk, tetapi usia ban akan menipis karena friksi tersebut mempercepat habisnya komponen ban. Untuk itu, selalu jaga tekanan ban pada kisaran 32 hingga 38 psi. Agar lebih pasti, bisa mengecek bagian sela pintu pengemudi dimana ada tabel yang menunjukkan tekanan ban untuk mobil Hyundai Anda.

2. Spooring

Spooring bisa membantu memperpanjang usia ban karena mencegah ban habis pada satu sisi, misalnya habis dalam karena camber negatif. Karena ketika ban tidak di spooring dengan benar, ban bisa saja terseret karena toe yang tidak pas, ataupun terbeban pada satu bagian karena camber.

3. Muatan

Muatan berlebih bisa mempercepat habisnya ban. Karena, muatan tersebut akan menekan ban dan memberikan lebih banyak friksi. Hasilnya pun sama seperti sebelumnya, ban akan lebih cepat habis.

4. Cara Mengemudi

Cara mengemudi berperang sangat penting dalam memperpanjang usia ban. Semua hal diatas akan percuma bila Anda seringkali melakukan akselerasi berat sehingga roda berdecit, ataupun pengereman berat yang bisa juga mendecitkan roda. Berbelok dengan kencang juga bisa mengurangi usia ban karena beban lebih. Untuk itu, mengemudilah dengan aman dan santai saja, cegah pengereman mendadak yang berat sebisa mungkin, dan menikung dengan kecepatan normal.