23 July 2021 12:39 WIB

Power Window Hyundai Ioniq Cegah Tangan Terjepit

Mobil masa kini seakan-akan memiliki sebuah fitur wajib, namanya power window. Rasanya tanpa power window, sebuah mobil langsung terasa sangat kuno dan tidak modern.

Tetapi power window seringkali menyebabkan suatu rasa takut, yaitu rasa takut tangan atau anggota tubuh lainnya yang terjepit saat kaca sedang naik, terutama jika power windownya otomatis seperti pada Hyundai Ioniq.

Tentunya, tangan yang terjepit cukup berbahaya, apalagi anak kecil yang seringkali mengalami terjepit. Tetapi tenang saja, Hyundai sudah memikirkan aspek ini dengan safety power window.

Safety power window adalah sebuah sistem sederhana yang mencegah tangan atau objek lain terjepit saat kaca naik. Ketika kaca naik dan ada objek lain, maka otomatis motor akan mendeteksi pekerjaan yang lebih berat. Ketika terjadi kenaikan beban kerja yang abnormal ini, maka kaca akan langsung menurun agar objek atau tangan bisa lepas.

Tidak ada cara apapun untuk menyalakan atau mematikan fitur ini, fitur ini sudah tersedia sebagai standar di berbagai mobil Hyundai yang memiliki power window, misalnya Hyundai Ioniq.

Dengan fitur ini, aspek keselamatan terkecil pun terbukti diperhatikan oleh para engineer Hyundai.