21 October 2018 03:00 WIB

Punya Mobil Warna Putih, Begini Cara Merawatnya

Pilihan mobil berwarna putih beberapa waktu terakhir cukup menjadi primadona bagi pembeli mobil. Berbagai alasan dalam pemilihan warna putih, dan salah satunya karena memberikan kesan bersih dan elegan.

Namun, ketika memilih mobil berwarna putih, pemilik harus melakukan perawatan yang lebih ekstra. Pasalnya mobil bakal lebih cepat kotor, karena begitu terkena kotoran, debu, atau air hujan noda bakal langsung terlihat. Nah, berikut ada beberapa cara merawat mobil putih.

 

1. Jaga Kebersihan Mobil

Mobil warna putih, seperti yang sudah dibahas sebelumnya lebih cepat kotor. Jadi, bersihkan mobil Anda sesering mungkin. Tak lupa, saat akhir pekan, cuci dan bersihkan mobil putih Anda, agar saat digunakan saat awal pekan terlihat kinclong.

 

2. Jangan Terlalu Sering Parkir di Bawah Sinar Matahari

Selain rajin membersihkan, mobil berwarna putih juga sebaiknya jangan terlalu sering parkir di bawah sinar matahari. Jika sering terkena sinar ultraviolet (UV), cat bakal cepat pudar dan kusam.

Dalam kondisi begitu, pemilik harus punya siasat, seperti menutup kendaraan menggunakan penutup atau parkir di tempat yang teduh atau rindang. Selain itu, fungsi menutup mobil saat parkir, juga untuk menghindari debu menempel di mobil warna putih.

 

3. Cuci Mobil dengan Air Bersih

Saat mencuci mobil berwarna putih, gunakan selalu air bersih. Hal tersebut, perlu diterapkan di manapun saat mencuci mobil kesayangan, karena penggunaan air yang tidak bersih dapat merusak cat mobil.

Tidak hanya itu, hindarilah mencuci mobil dengan air

dengan kandungan garam dan zat besi, karena dua jenis air tersebut dapat membuat mobil cepat berkarat. Begitu juga dengan air hujan, jangan tunggu kering karena bakal menimbulkan bercak yang tidak enak dilihat.

 

4. Pakai Shampo Khusus Mobil

Selain menggunakan air bersih, cucilah mobil warna putih dengan sampo khusus. Jika menggunakan sampo abal-abal, maka mobil bakal timbul jamur di lapisan cat mobil Anda. Hindari juga menggunakan sabun colek saat mencuci mobil, karena butiran dan kandungan pada sabun colek dapat menciptakan goresan di cat mobil dan membuat warna mobil pudar.

 

5. Saat Cuci Mobil, Bilas dari Atas ke Bawah

Dalam melakukan perawatan mobil berwarna putih, hal ini bisa dibilang sepele, yaitu cara membilas ketika mencuci mobil, yaitu dari atas ke bawah. Dengan cara tersebut, kotoran akan cepat turun dan tidak kerja dua kali.