06 August 2021 08:21 WIB

Regenerative Braking Bisa Perpanjang Jarak Tempuh Hyundai Ioniq

Mobil listrik haruslah sangat efisien agar bisa terus berjalan dengan jarak jauh. Karena tidak bisa dipungkiri, pengisian daya mobil listrik tidaklah instan sehingga setiap kilometer sangatlah berharga.

Adapun kelebihan dari mobil listrik adalah kemampuan regenerative braking, kemampuan ini bisa menghemat rem sembari memperpanjang jarak.

Mengapa regenerative braking bisa memperpanjang jarak tempuh? Karena pada saat terjadi, motor listrik pada mobil akan mengisi daya baterai. Karena, ketika tidak diberikan input tenaga, motor roda yang terus bergerak saat mobil meluncur akan menjadi energi kinetik dan seakan-akan menjadi alternator besar bagi baterai mobil. Karena itu semakin besar efek pengeremannya, semakin besar pengisiannya.

Hal ini pun bisa diatur pada paddle shift Hyundai Ioniq Electric. Sehingga, bisa memilih ingin seberapa kuat kekuatan pengereman tanpa pedal rem tersebut.

Selain bisa menambah jarak tempuh, regenerative braking akan menghemat penggunaan rem. Karena, beban rem yang lebih ringan akan menggunakan kampas rem yang lebih sedikit.

Sehingga, Hyundai Ioniq tidak hanya efisien dalam emisi karbon, tetapi juga dalam biaya operasional, serta perawatan.