12 March 2021 06:30 WIB

Rem Tangan Bisa Menjadi Solusi Rem Blong

Rem blong merupakan mimpi terburuk bagi pengemudi mobil. Pasti seram rasanya mengendarai mobil yang terus berjalan dan tidak bisa berhenti kecuali dengan kekuatan eksternal seperti tanjakan atau mungkin tembok.

Tentunya kalau bisa mobil harus berhenti tanpa rusak ataupun merusak pihak lain. Hyundai Lovers tidak mau mobil Hyundai kesayangan kalian mengalami kerusakan hebat karena kecelakaan bukan?

Untuk itu ketika mengalami kemungkinan kerusakan rem terburuk yaitu rem blong, boleh mencoba memperlambat laju mobil dengan rem tangan.

Mengapa? Karena rem tangan memiliki jalur yang berbeda dengan rem pedal Hyundai Lovers. Pada rem kaki, rem beroperasi dengan menggunakan cairan minyak rem yang kemudian akan menekan kaliper dan memperlambat laju mobil. Umumnya, rem blong terjadi karena tekanan tersebut hilang ataupun karena rem mengalami panas berlebih atau overheat.

Bila kerusakan yang terjadi adalah karena kehilangan tekanan misalnya karena ada kebocoran, udara dalam sistem, ataupun cairan mendidih karena panas, rem tangan bisa membantu memperlambat laju mobil.

Hal ini karena rem tangan bekerja dengan kabel yang ditarik oleh tuas rem tangan. Dengan begitu, rem belakang yang diatur oleh rem tangan masih bisa menggigit. Karena itu juga rem tangan sering disebut sebagai E-Brake atau Emergency Brake.

Tetapi, saat menarik rem tangan, lakukanlah secara perlahan. Jika ditarik secara cepat dan langsung, bisa mengunci roda belakang dan mengakibatkan oversteer yang tentunya bisa berbahaya.

Pada rem tangan elektronik, ketika tuas ditarik, rem akan secara otomatis diaplikasikan secara perlahan sehingga kemungkinan oversteer akan sangat minim.

Tentunya lebih baik mencegah daripada mengatasi bukan Hyundai Lovers? Untuk itu selalu ceklah rem Anda di bengkel resmi Hyundai agar performanya tetap optimal.