01 July 2024 08:00 WIB

Spion Lipat Mati? Ini 3 Kemungkinan Penyebabnya

Spion retract (lipat) sangat membantu saat pengemudi tengah berjalan di jalanan sempit dan berpapasan dengan mobil lain. Untuk itu, mobil Hyundai terkini sudah dilengkapi dengan teknologi canggih dan juga teknologi yang lebih sederhana, salah satunya adalah spion lipat atau retract elektrik otomatis. Ketika mobil terbuka, spion akan membuka. Saat mobil terkunci, maka spion akan melipat.

Spion retract secara sistem bekerja dengan menggunakan tombol. Maka dianjurkan pengemudi tidak melakukan melipat spion secara manual (memakai tangan) karena sebenarnya akan mengganggu, bahkan merusak mekanisme spion tersebut.

Baca juga: Spion Hyundai Ioniq 5 Permudah Parkir Paralel Dan Cegah Velg Baret

Namun terkadang fitur spion lipat elektrik otomatis ini bisa saja mengalami kendala. Misalnya tidak mau bergerak bahkan ketika tombolnya sudah dipencet. Lantas apa yang bisa menyebabkannya? PT Hyundai Mobil Indonesia bocorkan 3 penyebab umumnya:

1. Masalah Sakelar

Pengoperasian spion lipat memanfaatkan rangkaian sakelar untuk memberikan sinyal kepada motor elektrik. Bila ada masalah pada saklar seperti korslet atau kontak kotor, maka spion tidak mau diatur melalui tombol. Tak menyita waktu lama untuk perbaikannya.

2. Masalah Motor

Salah satu masalah yang biasa terjadi adalah masalah pada motor. Seiring berjalannya waktu, motor elektrik pelipatan spion mengalami gangguan sehingga tidak mau bergerak. Biasanya hal ini memakan waktu cukup lama dan bertahap, seperti melemah hingga akhirnya mati.

3. Masalah Gigi (Gir)

Inilah salah satu alasan yang paling sering terjadi, yakni gigi (gir) pada mekanisme pelipatan rusak, penyebab utama kerusakan gir pada spion lipat adalah sering dibuka tutup secara manual yang berpotensi mematahkan sebagian dari gir.

Itulah 3 kemungkinan penyebab kerusakan spion lipat elektrik. Bila ada masalah pada spion mobil Hyundai kesayangan Anda, kunjungilah bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia untuk penanganan terbaik.

Lakukanlah Booking Service di bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.