24 April 2021 04:18 WIB

Tanda Merah-Kuning Sebagai Indikator Titik Berat-Ringan Ban

Pernahkah saat sedang melihat-lihat mobil baru Hyundai di showroom, Hyundai Lovers melihat beberapa tanda titik berbeda warna pada ban mobilnya. Umumnya berwarna merah dan kuning.

Apakah makna tanda ini? Apakah berbahaya jika saya tidak memiliki tanda ini pada mobil saya? Tenang saja, itu merupakan panduan bagi pemilik mobil. 

Sebagai indikator titik terberat dan teringan dari ban yang diindikasikan dengan 2 warna berbeda: 

  • Tanda kuning merupakan titik paling ringan pada ban. 
  • Tanda merah menandakan titik paling berat dari sebuah ban.

Tanda ini sendiri biasanya sangat jelas tertera pada ban keluaran baru. Tujuannya agar pemasangan ban menjadi mudah dan ban bisa menjadi seseimbang mungkin tanpa berat penyeimbang (balancer) yang terlalu banyak.

Titik kuning pada ban, saat pemasangan harus berada sejajar dengan pentil ban, karena posisi pentil merupakan bagian terberat yang ada pada ban. Sehingga jika dipasang dengan tepat antara titik kuning dan pentil ban, maka ban akan mendapatkan keseimbangannya. Alhasil, ban akan lebih seimbang ketika berputar.

Para pengguna kendaraan juga disarankan mengecek posisi titik kuning pada ban sejajar dengan pentil ban, karena tidak semua orang yang berprofesi sebagai jasa penggantian ban mengerti akan hal tersebut. 

Keselamatan kita, dimulai dari kita. Semoga bermanfaat!