23 February 2022 10:52 WIB

Utamakan Keselamatan: Jangan Mengemudi Dengan Laci Terbuka

Penyimpanan yang banyak adalah salah satu keunggulan dari Hyundai Staria. Pada bagian dashboard saja, terdapat 3 tempat penyimpanan. Di bagian penumpang, tengah, dan di depan cluster.

Ketiga tempat ini memiliki tutup agar aman, apalagi ketika mobil terparkir sehingga isi dari tempat penyimpanan tersebut tidak diketahui isinya. Karena, tempat penyimpanan tersebut berguna untuk menyimpan beberapa hal, misalnya buku servis atau dokumen lainnya.

Nah, tutup tersebut sebaiknya selalu tertutup saat mengemudi. Karena ada beberapa alasannya, utamanya perihal keselamatan.

Yang pertama adalah potensi mengganggu visibilitas, terutama di bagian pengemudi. Karena bila kotak penyimpanan tersebut terbuka, sebagian dari cluster 10,25 inci LCD TFT Hyundai Staria akan tertutup, berpotensi menutup sebagian informasi penting pada mobil. 

Baca juga: Cedera Mengintai Saat Meletakkan Kaki Pada Dashboard

Kemudian barang yang ada di dalam tempat penyimpanan bisa terlempar, misalnya saat berakselerasi dan membuat kabin jadi berantakan. Barang jatuh juga bisa menjadi distraksi, apalagi bila sampai mengenai area pedal. Sangat berbahaya karena bisa mengganggu fungsi pedal.

Terakhir, jika terjadi tabrakan, selain barang terpental, fungsi airbag bisa saja terganggu karena terhalangi oleh tutup laci. Hal ini bisa berbahaya karena tutup laci bisa saja terpental dan mengenai Anda, hal yang seharusnya sangat dihindari.

Sehingga PT Hyundai Mobil Indonesia sangat menekankan aspek keselamatan ketika berkendara. Hindari membiarkan laci terbuka saat berkendara, dan hindari juga mengisi laci terlalu penuh sehingga tidak bisa menutup.