14 September 2021 07:56 WIB

Volume Audio Keras Perlambat Reaksi Pengemudi Hingga 20%

Mengemudi dan berkendara tentunya semakin asyik dan menyenangkan bila ditemani oleh lantunan musik favorit. Apalagi kualitas suara dari sistem audio Bose pada Hyundai Staria akan menghantarkan suara kualitas terbaik.

Meskipun enak didengar, tapi sebaiknya Hyundai Lovers tidak berlebihan dalam menggunakan sistem audio ini ya. Caranya dengan tidak mengemudi sambil menyalakan volume audio yang terlalu besar. Karena mengemudi dengan volume lagu besar memiliki dampak negatif.

Bahkan mengemudi dengan volume keras dianggap ilegal di beberapa negara. Karena hal ini dianggap sebagai distraksi, seperti mengemudi sambil menggunakan ponsel.

Alasan lainnya, lagu keras ini juga bisa jadi mengganggu keadaan sekitar. Misalnya Anda bisa saja tidak sadar bunyi klakson, atau bahkan bunyi benturan ketika misalnya menyenggol benda di jalan, misalnya kun (cone) lalu lintas.

Selain itu, menurut sebuah penelitian di Kanada, lagu yang keras bisa memperlambat reaksi seseorang hingga 20%. Efek ini akan semakin buruk bila lagu yang didengarkan bertempo cepat yang bisa mempengaruhi denyut seseorang. Bisa jadi orang tersebut mengemudi dengan lebih cepat tanpa disadari.

Sehingga, sebaiknya ketika berkendara, atur lah volume lagu Anda secukupnya, jangan gunakan volume berlebihan. Hal ini demi keselamatan Anda, dan orang kesayangan Anda.