20 December 2021 09:53 WIB

Waspada Abu Vulkanik, Jangan Sembarang Dilap

Peristiwa erupsi Gunung Semeru tentunya menjadi kabar duka bagi Indonesia. Bencana ini telah memakan korban jiwa, ribuan warga harus mengungsi, serta tentunya kerugian lainnya yang sulit dihitung. PT Hyundai Mobil Indonesia pun turut berduka dan mengharapkan yang terbaik.

Saat erupsi terjadi, salah satu hal paling berbahaya adalah abu vulkanik yang dikeluarkan dari kawah gunung. Abu ini sendiri sebenarnya cukup berbahaya.

Pertama-tama, bagi pernafasan, jika abu ini berterbangan, maka akan sangat berbahaya bila dihirup. Sehingga, kami sangat menyarankan menggunakan masker atau lebih baik hindari area yang memiliki abu berterbangan.

Kemudian, abu vulkanik juga berbahaya untuk cat mobil. Tapi, ada cara mudah membersihkannya.

Yang utama, jangan sembarang lap abu vulkanik. Abu vulkanik bersifat kasar dan asam. Jika di lap, maka akan seperti mengamplas cat mobil yang berpotensi tinggi merusak cat dan membuatnya kusam.

Untuk membersihkan abu vulkanik, pertama-tama siramlah mobil dengan air mengalir. Hal ini untuk merontokkan seluruh abu dan meminimalisir abu yang menempel pada permukaan cat.

Jika sudah disiram dengan air bersih mengalir secara menyeluruh dan abu sudah rontok, maka gunakan sabun pada mobil. Sabun akan semakin melepaskan abu dari permukaan cat.

Setelah sabun, maka cuci mobil seperti biasa, siram mobil akan sabun lepas, lalu ulangi proses ini jika dirasa perlu. Setelah itu, keringkan mobil dengan lap halus. Bila perlu, tutuplah mobil dengan cover kendaraan.