20 December 2023 06:01 WIB

3 Tanda Kampas Rem Mobil Sudah Tipis

Rem sebagai satu-satunya komponen untuk menghentikan laju mobil tentu perlu bekerja dengan optimal. Rem pun sering habis terutama pada kampasnya karena gesekan untuk memperlambat laju mobil.

Namun tenang saja, karena kampas rem yang menipis seringkali memberikan tanda. PT Hyundai Mobil Indonesia akan membeberkan tanda kampas rem yang sudah tipis:

1. Pedal Rem Dalam

Ketika kampas rem sudah tipis, maka perlu tekanan ekstra untuk menghentikan laju mobil. Hal ini akan membuat pedal rem terasa lebih dalam dan mungkin lebih ringan ketika digunakan.

2. Rem Bunyi

Ketika rem sudah mulai habis, biasanya sengaja diberikan penanda logam yang akan mengenai piringan rem ketika sudah tipis. Jika rem berbunyi ketika digunakan, bisa jadi salah satu tanda kampas rem sudah mulai menipis dan harus diganti.

Baca juga: Pentingnya Peran Electronic Stability Control Hyundai Saat Hujan

3. Rem Tidak Pakem

Meskipun tidak selalu terjadi, rem yang sudah mulai menipis mungkin tidak pakem, membuat pengemudi perlu menekan rem lebih dalam dan lebih berhati-hati.

Jika sudah mengalami tanda-tanda tersebut, ada baiknya melakukan pengecekan segera di jaringan bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia. Anda juga bisa melakukan Booking Service melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.