16 March 2023 11:19 WIB

3 Trik Hindari Baut Roda Rusak

Pada beberapa mobil, baut roda bisa saja mengalami slek. Ketika baut roda slek, maka akan menjadi PR yang berat. Roda tidak bisa dilepas, sedangkan untuk melepas baut roda sebaiknya dengan melepas roda. Terkadang memerlukan teknik khusus yang sulit.

Namun biasanya hal ini terjadi bila mobil sudah berumur maupun karena pemasangan yang tidak benar. Baut roda slek sendiri sering terjadi karena ada penyebabnya.

Apa saja hal yang harus dihindari agar baut roda tidak mudah slek? PT Hyundai Mobil Indonesia bocorkan sedikit:

1. Menggunakan Impact Gun

Pada bengkel tertentu, terutama bengkel ban, melepas dan memasang baut/mur seringkali menggunakan impact agar cepat. Namun tenaga impact yang besar bisa merusak baut roda karena tekanan berlebih.

2. Terlalu Kencang

Baut dan mur roda memang sebaiknya dikencangkan. Namun bila terlalu kencang, bisa merusak baut roda menjadi slek.

3. Mur Aftermarket

Beberapa pengguna mobil tentu suka melakukan modifikasi, salah satunya degan mur aftermarket. Namun hati-hati, beberapa jenis mur, terutama yang terbuka (open ended), dapat merusak baut roda, utamanya karena air mudah masuk ke area baut dan mur. Jika menggunakan mur model ini, sebaiknya diperhatikan dengan dikeringkan menggunakan kompresor udara saat dicuci.

Baca juga: Cek 3 Komponen Ini Bila Roda Mobil Berdecit

Itulah penyebab utama baut roda sering slek. Jika sudah slek, maka ada baiknya segera diperbaiki karena menyangkut dengan tingkat keselamatan.

Hyundai Lovers ingin melakukan servis atau perbaikan pada mobil Hyundai kesayangan? Bisa lakukan Booking Service  melalui tautan berikut: https://hyundaimobil.co.id/booking-service.