13 February 2023 08:34 WIB

Cek 3 Komponen Ini Bila Roda Mobil Berdecit

Komponen pada kaki-kaki seperti roda atau rem bisa saja menghasilkan suara, utamanya decitan. Penyebabnya pun beragam, mulai dari hal sepele, sampai hal yang dapat merusak.

Sehingga bila ada suara dari roda seperti decitan, apa yang perlu dicek? Ada 3 komponen utama, yaitu:

1. Kampas Rem

Jika decitan terjadi saat mengerem, maka bisa melakukan pengecekan ke kampas rem. Decitan bisa terjadi karena kampas rem basah, dimana hal ini tidak terlalu berbahaya. Namun decitan bisa juga terjadi karena kampas rem sudah mulai habis. Sehingga, sebaiknya langsung melakukan penggantian.

2. Rotor Rem

Jika rotor rem kotor, bisa menimbulkan suara decitan. Selain itu, rotor rem yang sudah bergelombang juga akan menimbulkan suara dan mempengaruhi performa pengereman.

3. Baut Roda

Baut roda biasanya tidak menimbulkan suara decitan, namun menghasilkan bunyi ‘grekk’. Jika demikian, cek jika seluruh baut roda sudah dikencangkan. Baut roda yang kendur sering menghasilkan bunyi tersebut.

Baca juga: Cek 7 Hal Ini Pada Mobil Sebelum Pergi Liburan

Jika terjadi masalah demikian atau masalah tidak kunjung selesai, sebaiknya segera bawa untuk dicek ke bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia terdekat. Bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia akan melakukan pengecekan menyeluruh dan memastikan mobil aman untuk digunakan.

Apalagi, Anda bisa melakukan Booking Service melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.