27 April 2023 07:14 WIB

4 Persiapan Untuk Menghadapi Arus Balik Mudik 2023

Memasuki akhir bulan April, maka banyak pemudik yang hendak kembali ke ibu kota alias balik. Sebelum kembali, tentunya ada persiapan yang perlu dilakukan seperti saat hendak mudik:

1. Cek Rute

Ceklah rute arus balik Anda. Beberapa jalan tol menerapkan sistem one-way yang mungkin bisa dimanfaatkan, atau sebaliknya dihindari bila malah berlawanan dengan arah perjalanan Anda.

2. Perhatikan Puncak Arus Balik

Perjalanan kembali tiap orang bisa saja berbeda-beda, bergantung pada pekerjaan dan jadwal masuk. Menurut perkiraan Kementerian Perhubungan, puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada tanggal 24-25 April, serta 30 April dan 1 Mei 2023. Jika memungkinkan, hindarilah tanggal tersebut agar tidak terkena macet yang terlalu panjang.

3. Siap-Siap Kemacetan

Seperti saat mudik, bersiap-siaplah akan tingginya angka kemacetan di jalan. Sebaiknya siapkan makanan dan minuman di mobil. JIka terlalu lelah, istirahatlah, setidaknya setiap 2-3 jam sekali.

4. Isi Penuh BBM

Sebelum berangkat, isilah penuh tangki BBM mobil Hyundai Anda. Dengan tingkat arus yang tinggi, maka besar kemungkinan SPBU akan ramai. Dengan mengisi penuh, maka Anda mengurangi kemungkinan untuk mengisi BBM, apalagi dipadukan dengan teknik Eco Driving.

Baca juga: Cara Hemat BBM Selama Mudik Dengan Mobil Hyundai

Itulah beberapa tips singkat dalam menghadapi arus balik mudik. Semoga selamat sampai tujuan Hyundai Lovers!