18 April 2023 09:55 WIB

Cara Hemat BBM Selama Mudik Dengan Mobil Hyundai

Menghemat BBM saat mudik sangatlah penting. Selain menghemat biaya, SPBU seringkali ramai saat mudik sehingga dengan menghemat BBM, juga bsia untuk menghemat waktu.

Lantas, bagaimana cara untuk mengehemat BBM selama mudik? Ada beberapa tips dari PT Hyundai Mobil Indonesia:

1. Gunakan Eco Mode

Mobil Hyundai terkini memiliki fitur Drive Mode dimana pengemudi bisa memilih mode berkendara yang sesuai. Jika pada kondisi santai dan berjalan konstan, maka gunakanlah Eco Mode. Eco Mode akan mengatur respon pedal gas dan transmisi agar seirit mungkin dan menekan konsumsi bahan bakar.

2. Posisi Gigi

Jika suka menggunakan mode manual atau memiliki mobil bertransmisi manual, posisikan gigi pada posisi tertinggi jika mungkin. Oper gigi pada RPM 2.000, kemudian jaga RPM agar stabil tanpa gas terlalu dalam agar irit. Namun, kondisikan juga dengan keadaan sekitar karena kondisi jalanan menurun maupun menanjak memerlukan gigi rendah.

3. Cek Tekanan Ban

Ban dapat mempengaruhi konsumsi BBM secara drastis, apalagi bila kempes. Sehingga, sebaiknya cek tekanan ban, angka diatas 35 PSI adalah angka yang cukup baik untuk ban. Ban yang kempes juga lebih beresiko pecah karena lebih cepat panas.

4. Cegah Muatan Berlebih

Jika memungkinkan, jangan muat berlebih mobil Hyundai Anda. Muatan berlebih akan memberikan beban ekstra kepada mobil sehingga mesin akan bekerja dengan lebih keras dan lebih boros BBM.

Baca juga: Rahasia Mesin Hyundai Stargazer Dan Hyundai Creta Bisa Irit

5. Jaga Kecepatan

Selain agar selamat, menjaga kecepatan sedang rupanya baik untuk konsumsi bahan bakar. Pada kecepatan konstan sedang dimana gas hanya perlu disentuh sedikit untuk menjaga kecepatan, beban mesin berada di posisi paling ringan sehingga mesin akan mengonsumsi lebih sedikit BBM.

Itulah 5 tips sederhana dari PT Hyundai Mobil Indonesia agar hemat BBM saat mudik. Selamat berlibur!