21 March 2024 08:00 WIB

Ingin Ganti Velg Lebih Besar? Pertimbangkan 3 Hal ini

Melakukan penggantian velg adalah salah satu kustomisasi pada mobil yang sangat umum. Meskipun hanya mengganti 1 komponen, penggantian velg dirasa memiliki dampak besar pada tampilan mobil secara keseluruhan.

Baca juga: 3 Akibat Jika Ban Kempes Tetap Dipaksa Jalan

Seringkali velg yang dipilih pun lebih besar dari bawaan mobil, hal ini menyangkut gaya dan preferensi yang dimiliki kebanyakan orang. Namun sebelum Hyundai Lovers mengganti velg dengan ukuran lebih besar, ada baiknya mempertimbangkan 3 hal berikut:

1. Lebih Keras

Ketika melakukan penggantian velg yang lebih besar, seringkali ban menjadi lebih kecil agar muat masuk dalam fender. Hal ini bisa berdampak pada kenyamanan dimana ban yang lebih tipis akan memberikan efek berkendara yang lebih keras karena bantalan yang lebih sedikit.

2. Harga Ban

Dengan velg lebih besar, maka diperlukan ban yang lebih besar. Hal ini tentu berdampak ke ketersediaan ukuran serta harga ban. Perlu diingat bahwa ban yang berdiameter lebih besar cenderung lebih mahal dibandingkan ban berdiameter kecil.

3. Ukuran Fender

Velg dan ban yang terlalu besar, baik diameter maupun lebar, bisa saja tidak muat untuk masuk dalam fender. Jika terlalu besar, maka seringkali velg dan ban akan mentok pada fender dalam maupun luar yang sering disebut ‘gesrot’. Hal ini tentu mempengaruhi kenyamanan hingga daya tahan komponen kaki-kaki.

Itulah 3 hal utama yang wajib dipertimbangkan ketika hendak mengganti ban dengan ukuran lebih besar.

Jika Hyundai Lovers memerlukan servis atau perbaikan pada mobil Hyundai kesayangan Anda, andalkan ke bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia, apalagi Anda bisa melakukan Booking Service melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.