15 March 2024 08:00 WIB

3 Akibat Jika Ban Kempes Tetap Dipaksa Jalan

Berkendara dengan mobil memang kadang ada saja hambatannya. Salah satu hambatan yang seringkali terjadi pada mobil adalah ketika ban mobil mendadak kempes dan tidak memiliki pompa ban portabel.

Pada mobil Hyundai, ban cadangan masih bisa menjadi opsi karena semua lini dari mobil PT Hyundai Mobil Indonesia memiliki ban cadangan di area bawah. Mengganti ban yang kempes dengan ban cadangan pun adalah opsi terbaik.

Baca juga: Ketahui 3 Perbedaan Pola Tapak Ban Mobil

Lantas apa yang terjadi bila mobil dipaksa jalan dengan ban yang sangat kempes? Misalnya tekanan udara sampai dibawah 5 Psi. Ternyata dampak negatifnya cukup beragam:

1. Kerusakan Velg

Ketika ban kempes dan tekanan udaranya sangat rendah, velg bisa dibilang memiliki proteksi yang minim. Bila biasanya ada ban dan udara sebagai bantalan, bantalan tersebut hilang hampir sepenuhnya tanpa tekanan udara. Hal ini menyebabkan velg menjadi rentan rusak seperti peyang jika dipaksa dibawa jalan.

2. Kerusakan Ban

Selain velg, ban tentu juga bisa mengalami kerusakan. Struktur ban tidak didesain untuk berjalan tanpa tekanan udara. Jika dipaksa berlebihan, maka struktur dinding ban (sidewall) bisa terkompromi.

3. Pengendalian Mobil

Selain kerusakan, pengendalian mobil tentu akan berpengaruh. Mobil akan terasa sulit belok dan lambat untuk dikendalikan.

Jika ban mobil mendadak kempes, ada baiknya untuk berhenti sejenak dan mengganti dengan ban cadangan sebelum kerusakan semakin parah. Bila sangat terpaksa, ban yang kempes bisa saja dibawa jalan asal tidak untuk jarak jauh dan kecepatan rendah.