11 July 2022 22:05 WIB

Jangan Lengah Bila Lampu Airbag Menyala

Lampu peringatan pada instrumen dari mobil Hyundai akan selalu menyala ketika mobil akan dinyalakan. Hal ini untuk memastikan semua bohlam dari lampu peringatan menyala.

Jika lampu tidak hilang sekitar 3 detik setelah mesin menyala, maka lampu tersebut memperingatkan akan adanya kendala pada mobil yang terdeteksi, salah satu lampu peringatan tersebut adalah lampu airbag.

Baca juga: Airbag Itu Diperbaiki Atau Diganti?

Lampu airbag biasanya berbentuk siluet orang yang duduk pada jok dan sebuah bulatan yang menggambarkan airbag. Ketika lampu airbag menyala, maka ada beberapa penyebab yang bisa menyebabkan malfungsi.

1. Sensor

Airbag bekerja dengan berbagai sensor pada berbagai area mobil. Jika salah satu sensor saja mengalami kendala, maka airbag tidak bisa bekerja secara optimal.

2. Modul

Airbag menggunakan rangkaian modul yang kompleks. Ketika modul tersebut mengalami malfungsi, maka airbag bisa saja tidak akan mengembang ketika terjadi benturan.

3. Koneksi Elektrikal

Pada kemudi, koneksi elektrikal yang dimanfaatkan airbag menggunakan suatu per yang dinamakan clock-spring agar bisa berputar tanpa kusut. Seiring dengan berjalannya waktu, maka koneksi ini akan kendor dan bisa menimbulkan malfungsi pada airbag.

Ketika airbag mengalami malfungsi, tentu saja berhubungan dengan aspek keselamatan. Maka sebaiknya segera melakukan perbaikan dan hubungi jaringan bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.