09 July 2024 08:00 WIB

Menggunakan Mobil AWD? Ukuran Ban Dan Velg Harus Sama!

Sistem penggerak All Wheel Drive seperti pada Hyundai Palisade jelas adalah fitur yang diunggulkan dari Hyundai Palisade tipe AWD. Sistem ini menggunakan girboks khusus yang dapat menghantarkan tenaga ke keempat roda dengan pintar.

Namun dengan sistem pintar dan khusus ini, memerlukan juga perawatan yang khusus, salah satunya terkait dengan ban. Sebab pada mobil AWD, semua roda terhubung dan disinkronisasi oleh gardan tengah (center differential). Maka dari itu, semua roda sebisa mungkin berputar dengan sama dengan beban yang sama.

Baca juga keandalan Hyundai Staria: https://hyundaimobil.co.id/news/details/mesin-diesel-hyundai-staria-mampu-tarik-mobil-seakan-tanpa-beban

Lantas ban dan velg akan sangat mempengaruhi hal tersebut. Jika menggunakan ukuran ban berbeda atau bahkan kondisi keausan yang berbeda, gardan tengah bisa terkena kerusakan karena kecepatan dan beban yang terlalu berbeda.

Karena itulah ketika menggunakan mobil penggerak All Wheel Drive, ban dan velg harus sama pada keempat-empatnya. Kondisi keausan pun harus sama, sehingga ketika mengganti ban, maka harus diganti semuanya, tidak boleh hanya 2.

Punya kendala pada mobil Hyundai Anda? Atau sekadar ingin servis? Yuk kunjungi bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia yang bisa Anda booking melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.