03 January 2023 10:40 WIB

2 Kegunaan Warna Pada Cairan Radiator

Pada mobil-mobil Hyundai, ada beberapa cairan yang digunakan untuk memastikan mobil tetap dapat beroperasi. Salah satu cairan yang terpenting adalah cairan radiator atau radiator coolant.

Sesuai dengan namanya, cairan ini bertugas untuk menjaga suhu mesin dengan mentransfer panas dari mesin dan mendinginkannya pada radiator. Cairan ini juga seringkali berwarna, seringkali berwarna hijau. Namun ada juga berbagai warna lain seperti biru dan merah.

Mengapa cairan radiator memiliki warna? PT Hyundai Mobil Indonesia akan jelaskan singkat:

1. Identifikasi

Salah satu alasan utama mengapa cairan radiator memiliki warna adalah untuk mempermudah identifikasi, terutama ketika terjadi kebocoran. Akan jauh lebih mudah untuk mengidentifikasi cairan berwarna terang yang bocor daripada air bening.

2. Formula

Perbedaan warna biasanya terjadi karena adanya perbedaan formula pada cairan radiator. Sehingga direkomendasikan untuk tidak mencampur cairan radiator yang berbeda karena bisa mempengaruhi performa cairannya.

Baca juga: Temperatur Mesin Tidak Normal? Cek 3 Komponen Ini

Karena alasan itu juga, PT Hyundai Mobil Indonesia merekomendasikan untuk memilih cairan radiator sesuai dengan buku manual kendaraan. Hal ini untuk memastikan pendinginan mobil maksimal dan mesin mendapatkan cairan radiator yang tepat.