02 August 2023 10:02 WIB

3 Penyebab Rem Mobil Berdecit

Rem pada mobil umumnya minim mengeluarkan suara. Namun terkadang rem menghasilkan suara, utamanya suara decitan. Suara ini sendiri biasanya harusnya kecil dan tidak berisik. Tetapi terkadang suara rem bisa saja mendadak berisik dengan decitan yang kencang.

Tentu hal ini ada penyebabnya. Utamanya terdapat 3 hal yang menyebabkan rem berdecit:

1. Indikator Rem Habis

Pada beberapa mobil Hyundai, ada indikator kampas rem sudah tipis, biasanya semacam besi di area kaliper. Jika kampas rem sudah tipis, maka besi akan mengenai area piringan, menghasilkan suara kontak antar besi ketika rem digunakan yang menandakan rem sudah tipis dan sebaiknya segera diganti.

2. Piringan Rem

Piringan rem bisa jadi penyebab rem berbunyi. Mungkin saja piringan sudah tidak rata dan bergelombang. Dalam kondisi seperti ini, piringan rem sebaiknya diganti bila sudah tipis. Bila masih tebal, bisa melalui proses bubut agar rata kembali.

3. Kampas Rem Aftermarket

Jika mobil Hyundai Anda menggunakan kampas rem aftermarket, maka rem bisa saja berbunyi. Beberapa kampas rem aftermarket memiliki tingkat agresivitas yang berbeda sehingga bisa saja menghasilkan suara decitan ketika mengerem.

Baca juga: Electronic Brake Distribution Cegah Ban Belakang Terkunci

Itulah 3 hal yang dapat menyebabkan rem berbunyi menurut PT Hyundai Mobil Indonesia. Jika Anda merasa rem mobil Hyundai Anda tidak normal seperti rasa pedal yang dalam, rem tidak pake, rem berbunyi, dan lainnya, ada baiknya segera kunjungi bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia.

Bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia akan melakukan pengecekan terhadap sistem rem Anda demi keselamatan. Anda juga bisa melakukan Booking Service secara online melalui https://hyundaimobil.co.id/booking-service.