11 November 2022 08:52 WIB

4 Tanda Wiper Mobil Perlu Diganti

Indonesia sudah memasuki musim hujan, beberapa daerah di Indonesia telah mengalami hujan deras hampir tiap hari. Pada saat inilah, wiper mobil menjadi sangat penting untuk menjaga visibilitas pada jalan.

Tapi, wiper bukanlah barang permanen sehingga harus diganti. Inilah 4 tanda menurut PT Hyundai Mobil Indonesia ketika wiper sudah minta diganti.

1. Karet Retak

Karet bisa kering dan getas atau retak. Bila Anda melakukan inspeksi visual, pastikan karet dari bilah wiper tidak retak yang bisa mempengaruhi performa wiper.

2. Tidak Bersih

Ketika wiper digunakan namun menyisakan jejak air, maka itulah tanda karet dari wiper sudah tidak optimal. Hal ini tentunya akan membuat visibilitas juga menjadi sulit karena kaca tidak bersih.

3. Berbunyi

Jika wiper sudah tidak prima, wiper seringkali berbunyi ketika menyeka kaca. Hal ini disebabkan karena karet sudah tidak melakukan kontak optimal. Tetapi, bila hanya berbunyi sedikit, tidak terlalu masalah.

4. Waktu

Umumnya, usia wiper bertahan hingga 6 bulan. Namun, beberapa jenis wiper bisa bertahan hingga 12 bulan. Tetapi yang utama adalah ketiga tanda diatas karena ada beragam faktor yang bisa menentukan kondisi wiper.

Baca juga: Mengemudi Saat Hujan Deras? Hati-Hati Dengan Genangan

Bila tanda-tanda tersebut sudah muncul, PT Hyundai Mobil Indonesia merekomendasikan Anda untuk segera melakukan penggantian wiper. Apalagi wiper adalah komponen yang sangat krusial pada musim hujan.