13 December 2023 11:16 WIB

5 Cara Merawat Cat Matte Hyundai Tetap Optimal

PT Hyundai Mobil Indonesia kini menawarkan beberapa mobil dengan cat finishing matte atau doff, yakni Hyundai Stargazer X, Hyundai Ioniq 5 serta Hyundai Ioniq 6. Namun cat model ini memiliki jenis perawatan yang berbeda dibandingkan dengan cat glossy.

Cat matte mendapatkan warna khasnya dari tekstur serta material catnya. Perbedaan inilah yang membuatnya membutuhkan perawatan khusus dan tidak bisa sembarang dirawat, misalnya sembarang dicuci.

Baca juga: 3 Alasan Melakukan Perbaikan Bodi Mobil Di Jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia

Lantas PT Hyundai Mobil Indonesia memiliki 5 cara untuk merawat cat matte agar tetap optimal:

1. Jangan Gunakan Sembarang Sabun

Cat matte sebaiknya dicuci menggunakan sabun khusus cuci mobil agar tidak menghilangkan finishing khusus yang dimiliki. Pastikan sabun tidak mengandung bahan pelarut yang kuat dan jangan pernah gunakan sabun cuci piring maupun detergen. Sabun yang terlalu keras dapat merusak finishing cat matte, bahkan cat glossy.

2. Poles Khusus

Jika harus dipoles, proses poles serta material poles dari cat matte berbeda dengan cat glossy, apalagi cat matte seringkali tidak memiliki clear coat. Pastikan Anda mempercayakan mobil Anda untuk dipoles di tempat yang berpengalaman. Jaringan bengkel bodi PT Hyundai siap membantu Anda untuk perawatan cat mobil matte Anda.

3. Hindari Cuci Otomatis

Cuci otomatis seringkali menggunakan sikat yang kasar dan keras, hal ini dapat merusak tampilan cat matte. Sebisa mungkin hindari tempat cuci otomatis dan lebih baik gunakan jasa cuci manual maupun robotik tanpa sikat.

4. Kain Mikrofiber

Untuk hasil maksimal dan minim baret, gunakanlah kain mikrofiber yang bisa memerangkap kotoran serta kontaminan sehingga meminimalisir kemungkinan mobil mengalami baret halus.

5. Perbaikan

Jika perlu perbaikan pada bodi, sebaiknya serahkan ke ahlinya karena cara memperbaiki cat matte berbeda jauh dengan cat glossy. PT Hyundai Mobil Indonesia pun memiliki 3 jaringan bengkel bodi resmi yang bisa mengerjakan cat matte, yakni Hyundai Simprug, Hyundai Pondok Ungu serta Hyundai BSD.

Jika Anda memerlukan layanan perbaikan mobil Hyundai Anda, cek jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia terdekat dan jangan segan untuk menghubungi kontaknya melalui https://hyundaimobil.co.id/network-contact.