22 November 2023 11:50 WIB

Akibat Fatal Salah Bahan Bakar Diesel

Hyundai Lovers seharusnya sudah paham bahwa bahan bakar bensin dan diesel atau solar sangatlah berbeda. Mesin bensin dan diesel meskipun prinsipnya mirip, memiliki cara kerja yang berbeda sampai membutuhkan jenis bahan bakar berbeda.

Karena itulah mesin diesel seperti pada Hyundai Santa Fe Diesel tidak bisa menenggak bahan bakar bensin. Jika terjadi kesalahan isi, maka dapat berakibat fatal.

Baca juga: 3 Makna Warna Asap Dari Knalpot Mobil

Salah satu alasannya karena sifat pelumasan bahan bakar diesel yang tidak ada pada bahan bakar bensin.

Pada mesin diesel modern berteknologi common-rail yang bisa ditemui pada mobil Hyundai, mulai dari Hyundai Staria, Hyundai Santa Fe hingga Hyundai Palisade, bahan bakar diesel digunakan juga sebagai pelumas.

Pelumasnya bukan hanya kepada mesin, namun juga komponen injektor bahan bakar, misalnya injektor, pompa serta pompa unit. Jika komponen tidak mendapatkan lubrikasi yang tepat, maka akibatnya bisa fatal.

Kemudian pembakaran juga akan berpengaruh. Karena mesin diesel tidak memiliki busi, jika mesin diisi bensin maka akan menyebabkan pembakaran yang tidak konsisten yang merusak mesin.

Karena itulah jika terjadi kesalahan ketika mengisi bahan bakar, sebisa mungkin jangan nyalakan mesin, langsung derek mobil ke bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia terdekat.

Mekanik akan langsung melakukan pengurasan tangki dan sistem bahan bakar untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Hubungilah jaringan PT Hyundai Mobil Indonesia melalui https://hyundaimobil.co.id/network-contact.