03 April 2024 08:00 WIB

Amankah Terus Menerus Gunakan Gigi Rendah Pada Manual Mode?

Menjelang mudik lebaran 2024, tentunya banyak keluarga Indonesia maupun Hyundai Lovers yang sudah merencanakan rute liburan.

Rute liburan pun beragam, mulai dari area kota, pantai, hingga pegunungan yang menanjak dan menikung. Pada area pegunungan sendiri, gigi rendah seringkali digunakan untuk menanjak maupun engine braking.

Baca juga: Cegah Rem Tangan Nyangkut Saat Mobil Ditinggal Lama

Pada mobil Hyundai terkini, gigi rendah tersebut bisa diakses pada manual mode. Misalnya pada transmisi IVT Hyundai Stargazer, transmisi akan berubah mode menjadi 6 percepatan virtual dan memiliki gigi 1 sebagai gigi rendah.

Lantas, apakah ada batas waktu mode manual ini digunakan agar tidak cepat rusak?

Jawabannya, tidak. Karena, mode manual hanya membuat pergantian gigi menjadi manual saja, sama seperti menggunakan mode Drive.

Namun yang perlu diingat adalah kecepatan mesin alias RPM. Jika mobil terus menerus berada di putaran tinggi, hal ini akan menyebabkan mesin panas dan transmisi panas. Dan jika panas, maka tentu akan mempercepat degradasinya, terutama oli mesin maupun transmisi.

Untuk itu, PT Hyundai Mobil Indonesia menyarankan untuk tidak terlalu keras dalam menggunakan manual mode. Boleh saja untuk momen tertentu, misalnya menanjak atau mendahului. Namun bila terus-menerus, transmisi IVT bisa saja mengalami kerusakan.

Menjelang mudik lebaran pun, ada baiknya melakukan check-up maupun service bila diperlukan. Kunjungi dealer dan bengkel resmi PT Hyundai Mobil Indonesia terdekat melalui https://hyundaimobil.co.id/network-contact.